Responsive Ads Here

Jumat, 24 November 2017

CONTOH LAPORAN SKRIPSI KOPING PERAWAT DALAM MENGHADAPI LANSIA YANG MENGALAMI INKONTINENSIA URIN DI PANTI WREDHA DHARMA BAKTI KASIH SURAKARTA

Inkontinensia urin adalah ketidakmampuan seseoranguntuk menahan keluarnya urin. Keadaan ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan, antara lain: masalah medik, sosial, maupun ekonomi. Masalah medik berupa iritasi dan kerusakan kulit disekitar kemaluan akibat urin, masalah sosial berupa perasaan malu, mengisolasi diri dari pergaulannya dan mengurung diri di rumah. 
 
Penelitianini bertujuan untuk memperoleh gambaranmendalam tentang pengalaman perawat dalam menghadapilansia yang mengalami inkontinensia urin di panti. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Partisipan penelitian ini terdiri dari tiga partisipan perawat yang bekerja di Panti Wredha Dharma Bakti Kasih Surakarta. Penelitian ini berlangsung pada tanggal 1 Februari- 28 Februari 2014. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dan observasi. 
 
Analisis data yang digunakan ialah analisis data metode Colaizzi. Temuan hasil penelitian ini didapatkan empat tema yaitu peran perawat sebagai pelaksana, faktor yang mempengaruhi mekanisme koping, dampak permasalahan inkontinensia urin, dan mekanisme koping perawat dalam menghadapi lansia yang mengalami inkontinensia urin. Simpulan dari penelitian ialah dengan penyesuaian koping yang adaptif perlu diutamakan dalam menghadapi lansia yang mengalami inknontinensia urin di Panti Wredha Dharma Bakti Kasih Surakarta.Perawat hendaknya melakukan mekanisme koping yang adaptif dalam merawat pasien lansia di panti, karena sikap tersebut bisa membantu lansia dalam permasalahanya. 
Link Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar